4 Prospek Pekerjaan dan Gaji Lulusan Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan, tidak sedikit orang yang salah sangka terhadap jurusan tersebut. Banyak orang yang menganggap bahwa program studi tersebut hanya membahas terkait jenis makanan dan pengolahannya saja.

Padahal, bukan hanya itu saja, prospek pekerjaan dan gaji lulusan prodi ini cukup banyak dan menggiurkan. Universitas Swasta di Bandung memang merupakan pilihan jika kamu ingin belajar tentang Teknologi Pangan.

4 Prospek Pekerjaan Jurusan Teknologi Pangan

Pastinya masih banyak yang belum percaya dan meragukan lulusan satu ini. Namun, berikut adalah prospek kerja dan rentang gaji yang mungkin didapatkan oleh mereka:

Pengendali Mutu

Pengendali mutu adalah dia yang bertugas untuk memastikan apakah proses pembuatan makanan sudah sesuai prosedur atau belum. Pengawasannya akan berhenti apabila produk telah jadi. Namun, masih berlanjut sampai produk dikemas, kemudian dikirimkan.

Adapun gaji yang akan didapatkan tentunya tergantung perusahaan, yang jelas tidak akan sama. Biasanya, untuk yang telah lama bergabung di bidang pengendali mutu, gajinya bisa mencapai Rp10 juta. Apabila seorang fresh graduate, maka akan digaji Rp3,9 juta per bulannya.

Ahli Teknologi Rasa

Posisi satu ini sangat jarang membuka lowongan untuk fresh graduate. Ahli teknologi rasa memang bekerja cukup berat karena harus bisa memodifikasi konsentrat rasa. Tidak hanya itu, ahli teknologi rasa juga harus melakukan evaluasi sensorik serta menentukan mana yang rasa yang tepat untuk sebuah produk.

Setiap perusahaan memiliki kebijaksanaan masing-masing untuk ukuran gaji. Namun, pada umumnya, seorang ahli teknologi rasa digaji sebesar Rp4,8 juta hingga Rp9 juta per bulannya.

Manajer Kontrol Kualitas Sistem

Pengendali mutu memastikan sebuah makanan diproses dan dikirimkan dengan aman, maka seorang manajer kontrol bertugas menangani sistemnya. Manajer kontrol adalah dia yang merencanakan bagaimana dan kapan sampel bisa dicicipi di laboratorium. Manajer kontrol juga bertugas mengatur penggunaan dan mengontrol bagaimana rangkaian penelitian.

Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini tentunya sangat lumayan, yaitu Rp8,5 juta hingga Rp9,5 juta. Namun, tetap saja setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Ahli Diet dan Nutrisi

Seorang ahli diet dan nutrisi bertugas untuk mengawasi kegiatan penyediaan layanan yang berkualitas.

Dia juga bertugas untuk menghitung kandungan gizi yang ada di dalam makanan tersebut. Peluang kerja untuk pekerjaan ini cukup besar, karena banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan pangan.

Saat ini, gaji yang ditawarkan ketika menjadi seorang ahli diet dan nutrisi adalah kisaran Rp4,8 juta. Namun, selain sesuai kebijakan yang berlaku di perusahaan, gaji ini juga bisa naik lebih tinggi lagi sesuai dengan berjalannya waktu.

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang ahli teknologi rasa, ahli diet dan nutrisi, manajer kualitas sistem, dan pengendali mutu bisa masuk di prodi Teknologi Pangan.

Universitas swasta di Bandung tentunya bisa menjadi pilihan kamu untuk masuk ke prodi Teknologi Pangan. Jangan khawatir, masalah biaya tentunya masih bisa terjangkau oleh semua kalangan.