7 Rekomendasi Pantai Terindah di Trenggalek (Murah & Lengkap)

Trenggalek merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Timur yang berjuluk “Bumi Menak Sopal”. Nah, secara geografis, Trenggalek terletak di pesisir pantai selatan Jawa, sehingga di sebelah selatannya berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Berkat letak geografis tersebut, pesisir Trenggalek memiliki pantai dengan pemandangan yang indah. Pantai-pantai tersebut memiliki panorama yang memanjakan mata. Cocok untuk liburan seru, apalagi tiket masuknya juga murah. Bagi yang lagi berencana wisata pantai ke Trenggalek, berikut 7 rekomendasi pantai terindah di Trenggalek yang kami kutip dari laman napaktilas.net.

1. Pantai Prigi

(kredit foto: instagram.com/sbncrnns/)
Lokasi Jl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam buka Senin-Minggu, 07.00-18.00
Harga tiket masuk Rp10.000/orang

Dahulu, Pantai Prigi merupakan pantai yang sepi. Akan tetapi, pemerintah daerah Trenggalek menggarap objek wisata setempat dengan serius beberapa tahun belakangan. Nah, Pantai Prigi pun ikut dikelola dengan maksimal. Pantainya disulap menjadi pantai yang cantik kini.

Untuk lokasi Pantai Prigi berada di Jl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Pantai ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai pukul 6 sore.

Pantai Prigi berdekatan dengan objek wisata Hutan Mangrove Pancer Cengkrong dan Pantai Kecil.

Di Hutan Mangrove Pancer Cengkrong, kamu bisa menikmati pemandangan sambil berjalan melewati jembatan di tengah hutan bakau. Sementara, Pantai Kecil, merupakan pantai tetangga yang juga menarik untuk liburan keluarga dan anak-anak.

Jika kamu dari pusat Trenggalek, kamu perlu menempuh perjalanan selama sekitar 1 jam 10 menit untuk sampai ke Pantai Prigi. Rute tercepat menuju Pantai Prigi yaitu melewati Jl. Raya Bandung Prigi.

Begitu sampai, kamu akan disambut pesona Pantai Prigi yang menjadi daya tariknya, di antaranya:

  1. Ombak tidak terlalu besar sehingga membuat pengunjung aman untuk berenang.
  2. Air laut jernih dengan ombak cukup tenang, serta adanya biota laut yang beragam, membuatmu bebas untuk snorkeling.
  3. Ada camping ground untuk yang hobi berkemah di alam khususnya dengan suasana pantai.
  4. Bisa menyewa motor trail untuk jalan-jalan menyusuri tepi pantai dengan keseruan yang berbeda.

Selain itu, hal yang membuat banyak wisatawan betah berkunjung ke Pantai Prigi karena lengkapnya fasilitas. Ada warung yang menjual makanan dan jajanan, serta tersedia penginapan. Ada juga taman bunga cantik untuk tempat berfoto. Yuk, liburan ke Pantai Prigi weekend besok.

2. Pantai Konang

(kredit foto: instagram.com/indotraveller_.id/)
Lokasi Sukorejo, Nglebeng, Kec. Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam buka Senin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk Rp5.000/orang

Apabila kamu mencari pantai dengan suasana hangat menenteramkan hati, Pantai Konang tempatnya. Pantai seluas 11 hektar ini juga memiliki keterikatan yang istimewa dengan masyarakat setempat.

Sebab, pantainya sekaligus merupakan kampung nelayan. Pantai Konang juga digunakan sebagai kawasan tempat pohon kelapa ditanam dan dibudidayakan. Menarik, bukan.

Sementara, lokasi Pantai Konang berada di Sukorejo, Nglebeng, Panggul, Kabupaten Trenggalek. Kamu bebas datang kapan saja karena Pantai Konang buka 24 jam setiap hari.

Di samping itu, Pantai Konang berdekatan dengan objek wisata Pantai Pelang dan Pantai Kuyon. Di Pantai Pelang ada air terjun yang menjadi daya tariknya. Sedangkan, Pantai Kuyon merupakan pantai indah yang masih alami.

Apabila kamu berangkat dari pusat Trenggalek, kamu perlu menempuh perjalanan selama sekitar 1 jam. Setelah itu, kamu pun akan sampai di Pantai Konang. Kamu dapat melalui rute tercepat yaitu lewat Jl. Raya Dongko – Kampak dan Jl. Panggul – Dongko.

Adapun daya tarik wisata dari Pantai Konang ini, di antaranya:

  1. Pantai bersih serta terawat dengan baik sehingga terasa nyaman.
  2. Menjadi wilayah untuk tempat tanaman pohon kelapa.
  3. Merupakan kampung nelayan sehingga membebaskanmu berinteraksi dengan penduduk lokal.
  4. Ada warung-warung kuliner dengan makanan laut dari bahan segar, rasanya pun begitu lezat. Ikan asap menjadi kuliner andalannya.
  5. Memiliki deburan ombak yang cantik membasahi pasir di tepi pantainya.

Di samping itu, banyak wisatawan betah berkunjung ke Pantai Konang karena suasana damai di pantainya. Terasa hangat di Pantai Konang, sehingga cocok untuk menikmati sore hari sambil bercengkerama dengan alam. Nah, kapan kamu mampir kemari? Yuk, ajak keluarga dan teman-teman bersamamu.

3. Pantai Pelang Wonocoyo Panggul Trenggalek

(kredit foto: instagram.com/niaaudinda/)
Lokasi Hutan, Wonocoyo, Kec. Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam buka Senin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk Rp8.000/orang

Pantai Pelang Wonocoyo Panggul memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdapat sungai yang memisahkan pantainya dan area parkir. Asyik, bukan.

Meski demikian, sungai tersebut tidak dalam dengan arus yang juga tidak deras. Kamu bahkan bisa menyeberang atau bermain di sungai tersebut dengan aman. Kamu pun dapat berjalan melewati jembatan yang disediakan, jika sedang tidak ingin basah-basahan.

Nah, lokasi Pantai Pelang Wonocoyo Panggul berada di Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek. Pantai ini buka setiap hari. Jadi, kamu tidak perlu galau saat menentukan hari di mana kamu bisa mampir.

Oh iya, Pantai Pelang Wonocoyo Panggul juga berdekatan dengan objek wisata Pantai Konang dan Air Terjun Banyu Nget. Pantai Konang merupakan pantai dengan suasana hangat yang seru. Sementara, Air Terjun Banyu Nget cocok untuk kamu yang mencari wisata alam penuh kesegaran.

Jika kamu dari pusat Trenggalek, kamu perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam 5 menit. Kemudian, kamu sampai di Pantai Pelang Wonocoyo. Kamu dapat melewati Jl. MT. Haryono untuk rute yang paling cepat.

Sementara, daya tarik wisata dari Pantai Pelang Wonocoyo di antaranya yaitu:

  1. Ada sungai yang memisahkan parkiran dan pantainya. Sungainya dilengkapi dengan jembatan.
  2. Terdapat pepohonan hijau segar yang menambah kecantikan panorama.
  3. Di kawasan pantai, ada air terjun yang airnya mengalir jatuh ke berbatuan karst yang berwarna kekuningan.
  4. Tersedia camping ground untuk pengunjung yang ingin bermalam di alam bebas.

Selain itu, wisatawan suka berkunjung ke Pantai Pelang Wonocoyo Panggul karena lengkap fasilitasnya. Ada warung-warung jajanan serta tersedia penginapan yang sederhana dan nyaman. Ayo, jalan-jalan ke pantai Pelang Wonocoyo.

4. Pantai Cengkrong

(kredit foto: instagram.com/amaldiiii/)
Lokasi Tirto, Karanggandu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam buka Senin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk Rp5.000/orang

Kalau kamu suka berenang di pantai, ke Pantai Cengkrong saja. Meskipun merupakan pantai selatan, di Pantai Cengkrong ada bukit-bukit karang yang membuat ombaknya tidak terlalu besar. Oleh karena itu, kamu bisa berenang dengan cukup aman.

Lokasi Pantai Cengkrong berada di Tirto, Karanggandu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Pantai yang buka setiap hari ini dapat kamu kunjungi sewaktu-waktu kamu sempat.

Nah, Pantai Cengkrong berdekatan dengan objek wisata Hutan Mangrove Pancer Cengkrong dan Jembatan Cengkrong.

Di Hutan Mangrove Pancer Cengkrong, kamu dapat melihat pohon-pohon bakau yang hijau. Sedangkan, Jembatan Cengkrong adalah jembatan estetik tempat berfoto dengan view laut dan perahu nelayan.

Jika kamu dari pusat Trenggalek, kamu perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam 10 menit. Setelah itu, kamu sampai di Pantai Cengkrong.

Kamu pun dapat menikmati pesona daya tarik wisata dari Pantai Cengkrong, di antaranya:

  1. Berenang di laut dengan ombak yang cukup bersahabat.
  2. Naik perahu sambil mengamati aktivitas nelayan yang mencari ikan.
  3. Menikmati olahan makanan dari ikan segar dengan bumbu khas ala penduduk lokal.
  4. Naik ATV untuk menyusuri tepi pantai sambil seru-seruan.
  5. Jalan-jalan ke hutan mangrove atau gua alami di kawasan pantai dan berfoto di sana.

Nah, salah satu hal yang membuat wisatawan betah berkunjung ke Pantai Cengkrong karena adanya spot foto menarik. Terutama, spot foto di hutan mangrove serta gua alami yang pemandangannya eksotis.

Selain itu, Pantai Cengkrong lengkap dengan berbagai macam hiburan, mulai dari keseruan berenang sampai naik ATV. Cocok untuk dikunjungi bersama keluarga serta para sahabat. Liburan akhir pekan nanti, kemari saja.

5. Pantai Mutiara Trenggalek

(Kredit foto: instagram.com/pantai_mutiara_trenggalek/)
Lokasi Karanggongso, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam buka Senin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk Rp5.500/orang

Pantai Mutiara memiliki keindahan yang memanjakan mata. Airnya berwarna biru kehijauan serta berkilau tertimpa cahaya matahari. Pantai yang tersembunyi ini juga masih asri dengan suasana alami.

Nah, lokasi Pantai Mutiara berada di Karanggongso, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Beroperasi 24 jam, pantai ini buka setiap hari untuk kamu kunjungi.

Pantai Mutiara juga berdekatan dengan objek wisata Pantai Pasir Putih Karanggongso dan Pantai Kecil.

Pantai Pasir Putih juga indah serta cocok untuk wisata keluarga. Sementara, Pantai Kecil juga memiliki air berwarna biru. Kedua pantai tersebut populer di kalangan wisatawan.

Apabila kamu berangkat dari pusat Trenggalek, kamu perlu menempuh perjalanan selama sekitar 1 jam 30 menit. Barulah kamu sampai di Pantai Mutiara. Sedangkan, untuk rute tercepat yaitu melewati Jl. Raya Bandung Prigi.

Begitu sudah berada di lokasi, daya tarik wisata Pantai Mutiara akan menyambutmu, di antaranya seperti:

  1. Pantai alami dengan udara segar serta alam yang asri, pantainya tersembunyi dengan nuansa tenang.
  2. Terdapat pohon-pohon yang membuat suasana rindang, cocok untuk tempat duduk-duduk sambil berteduh.
  3. Banyak aktivitas seru seperti naik kayak, kano, dan banana boat. Juga tersedia fasilitas untuk snorkeling.

Selain itu, banyak wisatawan betah berkunjung ke Pantai Mutiara karena ombak di sini tidak terlalu besar. Ombaknya cukup aman sehingga bisa untuk beraktivitas seru di pantai.

Tak hanya itu, disediakan pemandu oleh pihak pengelola pantai. Jadi, bagi pengunjung pemula atau anak-anak yang ingin menikmati rekreasi, ada pemandu yang siap membantu. Menyenangkan, bukan. Tak perlu pikir panjang untuk liburan ke Pantai Mutiara. Yuk, mampir. Ajak keluarga tercinta untuk menikmati pengalaman yang berkesan.

6. Pantai Simbaronce Trenggalek

(Kredit foto: ORDP)
Lokasi Karanggongso, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam buka Senin-Minggu, 7.30-17.00
Harga tiket masuk Dewasa Rp10.000/orang Anak-anak Rp8.000/orang

Pantai Simbaronce cocok menjadi pantai pertama yang kamu kunjungi jika kamu ingin mencoba beach tour di Trenggalek. Lokasinya strategis sehingga Pantai Simbaronce juga banyak dikunjungi wisatawan.

Jadi, lokasi Pantai Simbaronce berada di Karanggongso, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Pantai ini buka setiap hari mulai pukul setengah 8 pagi sampai pukul 5 sore.

Pantai Simbaronce berdekatan dengan objek wisata Pantai Pasir Putih Karanggongso dan Pantai Kecil.

Di Pantai Pasir Putih Karanggongso, kamu bisa menikmati ombak tenang, naik perahu, serta belanja ikan bakar. Sementara, Pantai Kecil adalah pantai family-friendly yang cocok untuk keluarga serta anak-anak.

Jika kamu dari pusat Trenggalek, kamu akan menempuh perjalanan selama sekitar 1 jam 15 menit menuju lokasi. Kamu pun akan sampai di Pantai Simbaronce setelah melalui rute yang tercepat, yaitu lewat Jl. Raya Bandung Prigi.

Nah, kamu akan dapat menikmati daya tarik wisata dari Pantai Simbaronce ini, di antaranya:

  1. Banyak aktivitas rekreasi seperti mencoba banana boat, naik perahu, serta wisata perahu keluarga.
  2. Perahu wisata akan membawa kamu jalan-jalan ke destinasi lainnya, seperti hutan bakau, rumah apung, dan Gua Merah.
  3. Pemandangan pantai indah dengan suasana yang menyenangkan. Ideal untuk wisata dengan keluarga, teman, dan kekasih.

Nah, banyak wisatawan betah saat berkunjung kemari karena biaya sewa untuk menikmati hiburan itu terjangkau. Seperti sewa banana boat mulai dari Rp35.000 saja.

Sementara, biaya sewa perahu keluarga yaitu Rp200.000 dengan kapasitas 12 orang. Jadi, kalau patungan, bisa bayar sekitar Rp20.000 per orang. Semuanya terjangkau, bukan.

Buruan, deh, ke Pantai Simbaronce untuk menikmati liburan yang tidak terlupakan.

7. Pantai Karanggongso

(Kredit foto: instagram.com/retno_arizzally/)
Lokasi Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam buka Senin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk Rp10.000/orang

Pantai Karanggongso cocok untuk kamu yang mencari pantai instagrammable. Pantainya bersih dengan air kebiruan. Serasa pantai di Bali atau di Lombok.

Lokasi Pantai Karanggongso berada di Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Pantai ini buka setiap hari sehingga dapat kamu kunjungi kapan saja. Pantai Karanggongso tepatnya berada di bagian selatan Trenggalek.

Pantai Karanggongso berdekatan juga dengan objek wisata Pantai Simbaronce dan Pantai Prigi.

Sebelumnya disebutkan, Pantai Simbaronce adalah pantai dengan beragam hiburan wisata lengkap. Sementara, Pantai Prigi adalah pantai cantik yang aman untuk berenang dan menikmati aktivitas seru lainnya.

Jika kamu dari pusat Trenggalek, kamu perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam 15 menit. Setelah itu, kamu akan tiba di Pantai Karanggongso. Umumnya, rute paling cepat yang sering digunakan wisatawan yaitu lewat Jl. Raya Bandung Prigi.

Nah, begitu sampai di Pantai Karanggongso, berbagai daya tarik wisata siap menyambut kamu, di antaranya:

1. Pantai yang bersih sehingga membuat siapa saja nyaman menikmati suasana liburan. Pemandangannya indah sehingga cocok untuk berfoto.

2. Terdapat warung dan restoran di pinggir pantai yang menjual seafood serta makanan khas Trenggalek. Tersedia juga keripik tempe, camilan khas Trenggalek.

3. Ada perahu nelayan berkumpul, membuat lampu-lampunya terlihat indah seperti titik-titik cahaya, terutama ketika senja dan malam hari.

Di samping itu, banyak wisatawan betah mampir ke Pantai Karanggongso karena pantai ini buka sepanjang hari dan malam. Jadi, kamu bisa menikmati keindahan senja hingga malam tiba, di mana terlihat hamparan bintang di angkasa.

Wah, pantainya sangat menyenangkan, bukan. Yuk, mampir liburan ke Pantai Karanggongso.

Demikian rekomendasi pantai terindah di Trenggalek. Adakah yang sudah pernah kamu kunjungi, atau kamu sedang ingin berlibur ke sana untuk pertama kali? Tentunya, setiap pantai memiliki ciri khas sekaligus daya tarik tersendiri.

Kamu tinggal pilih saja, mau ke pantai mana. Ada pantai-pantai yang juga menyediakan kuliner seafood sekaligus makanan khas Trenggalek, makin seru pastinya. Kalau kamu, aktivitas apa yang paling disuka saat di pantai? Share di kolom komentar, ya.