Yuk Cari Tahu Pengertian dan Fungsi Audio Sound System

Perangkat sistem suara bukanlah hal yang benar-benar baru, perangkat tersebut dikenal sebagai alat penting untuk berbagai acara. Banyak yang terjun ke dunia sistem suara sebagai anggota kru Soundman. Sebelum memutuskan membeli, anda perlu mengetahui informasi dasar terkait perangkat tersebut. Berikut pengertian dan fungsi audio sound system.

Mengenal Pengertian dari Sound System

Sound system adalah istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai perangkat elektronik yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara baik di atas panggung maupun selama perekaman. Dari pengertian ini, kita dapat melihat bahwa sound system bukan hanya perangkat yang ringkas, tetapi didukung oleh perangkat lain yang lebih lengkap.

Banyak orang mengira bahwa sound system adalah sebuah speaker, namun kenyataannya tidak. Speaker hanyalah salah satu perangkat dalam kategori sistem suara. Sistem suara adalah berbagai alat dengan kemampuan untuk membuat suara. Ketika membicarakan tentang audio sound system, anda tidak hanya mengenal speaker saja tetapi juga perangkat lainnya

Fungsi dari Sound System

Ada banyak bagian penting dari sebuah sound system. Setiap fungsi saling mendukung dan menghasilkan suara yang nyaring dan nyaman. Beberapa peralatan atau perangkat yang tersusun pada sound system diantaranya power amplifier, equalizer, mikrofon, mixer, sistem speaker dan aksesoris lainnya. Semua perangkat audio harus berfungsi dengan baik.

Mixer adalah alat yang berfungsi sebagai operator suara. Salah satu fungsi sistem PA lapangan juga sangat luas, dimana salah satunya mengatur suara mikrofon dengan berbagai fungsi seperti mikrofon penyanyi, mikrofon gitar, drum kit, dan lainnya. Anda juga akan menemukan rangkaian equalizer untuk membantu mengatur nada dari rendah ke tinggi.

Beberapa sound engineer berpengalaman mengatakan bahwa Anda bisa mendapatkan suara yang bagus dengan power amplifier yang bagus. Harus diingat bahwa sistem suara memiliki kemampuan yang sama untuk menambahkan 60 persen volume ke suara yang lebih keras. Daya rendah atau power yang kurang juga membatasi suara yang dihasilkan.

Jika Anda ingin membeli power Sound System Audio, belilah produk yang menggunakan listrik kualitas tertinggi dengan watt besar seperti arus build-up atau arus pabrik. Jenis kekuatan ini dijamin dan karena itu memiliki kekuatan yang jauh lebih tinggi. Watt minimum yang dibutuhkan adalah 100-3000. Harganya tidak murah, tapi kualitasnya tidak buruk.

Sangat mengecewakan untuk menyewa atau membeli sound system yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini justru membuat acara tidak berjalan lancar. Sebaiknya Anda juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang yang memahami audio sound system Anda agar tidak salah dalam membeli. Pastikan anda juga memiliki budget yang pas untuk mendapat pilihan terbaik

Selain mengetahui tentang produk, anda juga perlu tau berbagai fungsi dari komponen penyusun sound system. Dengan begitu, akan memudahkan anda dalam menghandle dan mengatur sound system agar dapat digunakan dengan baik. Untuk mengetahui informasi lengkap terkait sound system dan produk terbaiknya, anda bisa mengunjungi https://www.bliaudio.com/